BEM Demi Perubahan Demi Bangsa dan Negara

Jakarta (ANTARA News) – Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah tetap memiliki kepercayaan diri bahwa perekonomian tetap terjaga dengan baik meski bahan bakar minya (BBM) bersubsidi tidak naik.

“Kami `confident` (percaya diri) bahwa pembangunan bisa dicapai, inflasi bisa dijaga dan APBN akan sehat,” katanya dalam konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, seusai rapat terbatas bidang ekonomi yang membahas APBN-P 2012.

Ia mengatakan, pemerintah menilai APBN-P 2012 yang berhasil diputuskan DPR menjadi salah satu upaya penting dalam mengamankan perekonomian agar tetap terjaga meskipun BBM bersubsidi tidak dinaikkan.

Diantaranya, APBN P dinilai sebagai salah satu kartu pengamanan apabila terjadi guncangan ekonomi global. “Apakah karena itu akibat kenaikan BBM (bahan bakar minyak) atau lainnya,” katanya.

Selain itu, dengan APBN Perubahan tersebut, pemerintah memiliki bantalan program yang dapat segera dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

“Pemerintah bisa menjaga kesehatan dan kesinambungan fiskal dengan kita mengelola subsidi menjaga program-program tepat sasaran dan juga menjaga agar defisit kita tetap di bawah tiga persen sebagaimana diwajibkan oleh UU,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan APBN Perubahan tersebut, maka subsidi untuk listrik sudah cukup memadai sehingga PLN dapat melakukan ekspansi dua juta pelanggan baru.

“APBN P juga memiliki signal yang kuat untuk menjaga fiskalnya sehingga tidak perlu menambah utang baru,” katanya.

Namun demikian, ia menambahkan, untuk mendukung perekonomian agar tetap terjaga dengan baik, dibutuhkan beberapa kebijakan tambahan.

Diantaranya penghematan energi seperti bahan bakar minyak, air maupun listrik. Penghematan anggaran kementerian/lembaga serta peningkatan penerimaan negara dengan menggenjot potensi pendapatan bukan pajak.

Hatta juga menyakini bahwa pemerintah mampu mendorong pertmbuhan ekonomi minimal 6,5 persen. “Indonesia dengan APBN Perubahan ini tetap akan mendorong pertumbuhan kita, minimal pada angka 6,5 persen tersebut dengan menjalankan program-program stimulus kita,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: